Sabtu, 24 Januari 2015

TIPS MENJAGA KESEHATAN WANITA HAMIL

Kesehatan wanita hamil sangat membutuhkan perhatian yang ekstra, apalagi bagi anda yang tetap menjalani aktivitas kerja sehari – hari. Pekerjaan rutin seperti bekerja wajib dilakukan mengingat masalah keuangan menjadi prioritas utama bagi keluarga. Meskipun hal tersebut tidak sepenuhnya benar dilakukan oleh wanita hamil.
Kesehatan Wanita Hamil
Seorang wanita akan dikatakan sempurna apabila sudah berhasil hamil. Oleh sebab itu sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan. Agar bayi tetap sehat dan lancer dalam persalinan, cukup banyak hal yang harus diperhatikan, karena kesehatan wanita hamil akan berpengaruh kepada janin yang dikandung.

Untuk anda yang sedang hamil dan ingin selalu menjaga kesehatan, anda bias lakukan beberapa tips menjaga kesehatan wanita hamil berikut ini:
  1. Hindari tangga
  2. Menaiki tangga di kantor tempat anda bekerja atau bahkan di rumah akan menyebabkan plasenta tertekan dan itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin.
  3. Jangan terlalu sering mandi pakai air hangat
  4. Sebetulnya mandi air hangat tidak begitu bermasalah untuk kesehatan ibuhamil muda, yang harus diperhatikan adalah suhu airnya. Mandi akan menjadi aktivitas yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan calon bayi yang dikandungnya jika suhu airnya terlalu tinggi karena bias menyebabkan bayi cacat.
  5. Hindari Kopi dan Rokok
  6. Kafein yang terkandung dalam kopi bias menyebabkan keguguran, terutama pada kehamilan usia muda. Sedangkan rokok mengandung nikotin yang berbahaya bagi perkembangan janin.
  7. Jangan terlalu banyak makan
  8. Wanita hamil yang mengalami obesitas akan beresiko tinggi terhadap janin. Walaupun wanita hamil membutuhkan asupan nutrisi sehingga harus mengkonsumsi makanan agar kebutuhan nutrisi tercukupi, tetapi tetap jaga pola makan anda.
  9. Istirahat cukup
  10. Istirahat merupakan sebuah keharusan untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Sirkulasi darah dalam tubuh anda akan terhambat jika anda terlalu lama duduk.
  11. Hindari sepatu hak tinggi
  12. Dengan memakai hak tinggi, maka resiko anda terjatuh akan lebih besar.
Kehamilan merupakan suatu anugerah, oleh karena itu anda harus ekstra hati – hati dalam menjaga kesehatan. Karena kesehatan wanita hamil akan berdampak juga terhadap kesehatan janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar