Selasa, 27 Januari 2015

5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Manfaat tidur siang. Tidur merupakan suatu keadaan relative tanpa sadar yang penuh ketengan tanpa kegiatan yang merupakan urutan siklus yang berulan-ulang dan masing-masing menyatakan fase kegiatan otak dan badanlah yang berbeda dan tidur berfungsi untuk mengistirahat pikiran dan tenaga. Sehingga ketika bangun, stamina yang dimiliki akan pulih seperti sedia kala. Seperti yang kita ketahui, malam merupakan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas tidur untuk menjaga kesehatan tubuh atau fisik, tetapi sebagian orang juga melakukan tidur pada siang hari.

Masih ingat saat waktu kecil kita di suruh orang tua untuk tidur siang ? Ya, itu merupakan rutinitas yang kita lakukan saat kecil yaitu selalu tidur pada siang hari, tapi setelah kita beranjak dewasa apakah kita melakukan kegiatan tidur siang ? Kebanyakan tidak, karena kesibukan dengan jam kerja yang kita miliki jadi kita tidak sempat untuk melakukan tidur siang. Padahal tidur siang itu sangat menyenangkan dan juga memiliki beberapa manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan kita. Apa saja manfaatnya ? Berikut di bawah ini informasi dari 5 manfaat tidur siang bagi kesehatan yang bisa anda baca.

  1. Meningkatkan Daya Ingat Otak
    Bedakan daya ingat Anda saat masih kecil dengan saat Anda sudah dewasa mana yang lebih kuat ? Sudah pasti lebih kuat saat masih kecil karena selalu tidur pada siang hari sedangkan saat dewasa jarang sekali untuk melakukan tidur pada siang hari. Perlu di ketahui tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat otak Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam wakut 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak Anda.
  2. Menurunkan Stres
    Tidur siang ternyata bisa menurunkan tingkat stres yang Anda miliki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress secara dramatis akan mengalami penurunan setelah anda melakukan tidur siang bagi anda yang semalam tidurnya kurang begitu nyenyak dan lelap.
  3. Mencegah Insomnia
    Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Jika anda kesusahan untuk tidur pada malam hari coba lakukan tidur pada siang hari dengan demikian anda tidak akan kesulitan saat tidur pada malam hari karena, Anda memiliki waktu istirahat yang cukup panjang.
  4. Meningkatkan Produktivitas Kerja
    Tidur siang ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja Anda. Oleh karena itulah, bagi anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja anda meningkat kembali.
  5. Menyehatkan Jantung
    Tidur siang ternyat mampu mencegah penyakit jantung. Jika Anda melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit.
Tidur siang itu menyehatkan dengan mengikuti prosedur-prosedur yang sudah di tetapkan, jika Anda tidak mengikuti prosedur-prosedur yang sudah di tetapkan dengan tidak baik maka, bukan manfaat yang Anda dapatkan melainkan penyakit yang akan anda dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar